MAKALAH
STATISTIK LANJUT REGRESI BERGANDA
“PENGARUH HARGA PRODUKSI BATIK DAN KUALITAS PRODUK BATIK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN”
Dosen: Tri Pudji Wahjuningsih, M.Si
Disusun oleh:
1. Maskun Falah ( 11.240.0160 )
2. Alan Yogo Prayogo ( 11.240.0259 )
3. Muhammad Izzuddin ( 11.240.0258 )
Kelas: 5P42
TEKNIK INFORMATIKA
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER ( STMIK )
2013
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dengan perkembangan zaman sekarang ini, tidak luput juga diikuti dengan pertumbuhan dan lahirnya perusahaan-perusahaan yang mempunyai teknologi yang modern. Maka menimbulkan persaingan dalam teknologi modern maupun tradisional.
Harga dan kwalitas adalah merupakan faktor utama dalam mententukan keputusan sesorang akan membeli Batik tersebut. Faktor lain yang tidak kalah penting adalah promosi. Promosi adalah suatu usaha dari pemasar dalam menginformasikan dan mempengaruhi orang atau pihak lain sehingga tertarik untuk melakukan transaksi atau pertukaran produk barang atau jasa yang dipasarkannya.
PENGARUH HARGA PRODUKSI BATIK DAN KUALITAS PRODUK BATIK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka dapat dirumuskan permasalahan:
Apakah terdapat pengaruh antara harga produksi dan kualitas?
Antara produksi dan kualitas apakah ada pengaruh terhadap keputusan konsumen?
C. Hipotesis
Hipotesis sementara:
Terdapat pengaruh harga produksi dan kualitas terhadap keputusan konsumen baik secara bersama maupun secara parsial.
Variabel harga produksi memiliki pengaruh paling besar terhadap kualitas
D. Data
Data berikut didapat dari 50 orang.
NO
X1
X2
Y
1
3
4
7
2
3
5
7
3
3
2
4
4
2
3
4
5
4
3
4
6
3
3
3
7
5
2
2
8
3
2
2
9
2
6
3
10
3
3
4
11
3
4
5
12
2
5
3
13
2
4
2
14
4
3
3
15
3
2
4
16
2
5
5
17
2
3
3
18
2
3
2
19
4
2
2
20
5
5
2
21
5
2
2
22
2
5
2
23
3
2
5
24
4
3
3
25
3
2
2
26
5
2
2
27
5
5
2
28
2
3
3
29
3
2
4
30
2
2
4
31
3
4
2
32
4
6
2
33
3
2
3
34
5
2
4
35
4
2
5
36
5
5
3
37
2
5
3
38
3
5
2
39
4
5
2
40
5
3
3
41
2
3
2
42
4
3
1
43
5
3
2
44
4
2
3
45
5
6
3
46
2
3
2
47
3
3
3
48
2
6
4
49
5
3
4
50
2
3
3
JML
166
171
156
X1 = Produksi
X2 = Kualitas
Y = Konsumen
BAB II
PEMBAHASAN
Pengertian
Untuk mengukur besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel tergantung dan memprediksi variabel tergantung dengan menggunakan variabel bebas. Gujarati (2006) mendefinisikan analisis regresi sebagai kajian terhadap hubungan satu variabel yang disebut sebagai variabel yang diterangkan (the explained variabel) dengan satu atau dua variabel yang menerangkan (the explanatory). Variabel pertama disebut juga sebagai variabel tergantung dan variabel kedua disebut juga sebagai variabel bebas. Jika variabel bebas lebih dari satu, maka analisis regresi disebut regresi linear berganda. Disebut berganda karena pengaruh beberapa variabel bebas akan dikenakan kepada variabel tergantung.
Tujuan
Tujuan menggunakan analisis regresi ialah:
Membuat estimasi rata-rata dan nilai variabel tergantung dengan didasarkan pada nilai variabel bebas.
Menguji hipotesis karakteristik dependensi
Untuk meramalkan nilai rata-rata variabel bebas dengan didasarkan pada nilai variabel bebas diluar jangkaun sample.
C. Analisis
Untuk mengetahui hasilnya, maka dilakukan perhitungan melalui tahapan- tahapan berikut:
1. Persamaan Regresi
Untuk mencari persamaan regresi berganda digunakan matriks determinan.
NO
X1
X2
Y
X1²
X2²
X1*Y
X2*Y
X1*X2
Ypred
(Y-Ypred)²
(Y-Yb)²
1
3
4
7
9
16
21
28
12
4,322243
7,1703826
44,61555
2
3
5
7
9
25
21
35
15
4,308443
7,2444791
44,61555
3
3
2
4
9
4
12
8
6
4,349843
0,1223901
13,53863
4
2
3
4
4
9
8
12
6
4,144562
0,0208982
13,53863
5
4
3
4
16
9
16
12
12
4,527524
0,2782816
13,53863
6
3
3
3
9
9
9
9
9
4,336043
1,7850109
7,179652
7
5
2
2
25
4
10
4
10
4,732805
7,4682232
2,820677
8
3
2
2
9
4
6
4
6
4,349843
5,5217621
2,820677
9
2
6
3
4
36
6
18
12
4,103162
1,2169664
7,179652
10
3
3
4
9
9
12
12
9
4,336043
0,1129249
13,53863
11
3
4
5
9
16
15
20
12
4,322243
0,4593546
21,8976
12
2
5
3
4
25
6
15
10
4,116962
1,2476041
7,179652
13
2
4
2
4
16
4
8
8
4,130762
4,5401467
2,820677
14
4
3
3
16
9
12
9
12
4,527524
2,3333296
7,179652
15
3
2
4
9
4
12
8
6
4,349843
0,1223901
13,53863
16
2
5
5
4
25
10
25
10
4,116962
0,7797561
21,8976
17
2
3
3
4
9
6
9
6
4,144562
1,3100222
7,179652
18
2
3
2
4
9
4
6
6
4,144562
4,5991462
2,820677
19
4
2
2
16
4
8
4
8
4,541324
6,4583277
2,820677
20
5
5
2
25
25
10
10
25
4,691405
7,2436609
2,820677
21
5
2
2
25
4
10
4
10
4,732805
7,4682232
2,820677
22
2
5
2
4
25
4
10
10
4,116962
4,4815281
2,820677
23
3
2
5
9
4
15
10
6
4,349843
0,4227041
21,8976
24
4
3
3
16
9
12
9
12
4,527524
2,3333296
7,179652
25
3
2
2
9
4
6
4
6
4,349843
5,5217621
2,820677
26
5
2
2
25
4
10
4
10
4,732805
7,4682232
2,820677
27
5
5
2
25
25
10
10
25
4,691405
7,2436609
2,820677
28
2
3
3
4
9
6
9
6
4,144562
1,3100222
7,179652
29
3
2
4
9
4
12
8
6
4,349843
0,1223901
13,53863
30
2
2
4
4
4
8
8
4
4,158362
0,0250785
13,53863
31
3
4
2
9
16
6
8
12
4,322243
5,3928126
2,820677
32
4
6
2
16
36
8
12
24
4,486124
6,1808125
2,820677
33
3
2
3
9
4
9
6
6
4,349843
1,8220761
7,179652
34
5
2
4
25
4
20
8
10
4,732805
0,5370032
13,53863
35
4
2
5
16
4
20
10
8
4,541324
0,2103837
21,8976
36
5
5
3
25
25
15
15
25
4,691405
2,8608509
7,179652
37
2
5
3
4
25
6
15
10
4,116962
1,2476041
7,179652
38
3
5
2
9
25
6
10
15
4,308443
5,3289091
2,820677
39
4
5
2
16
25
8
10
20
4,499924
6,24962
2,820677
40
5
3
3
25
9
15
9
15
4,719005
2,9549782
7,179652
41
2
3
2
4
9
4
6
6
4,144562
4,5991462
2,820677
42
4
3
1
16
9
4
3
12
4,527524
12,443426
0,461703
43
5
3
2
25
9
10
6
15
4,719005
7,3929882
2,820677
44
4
2
3
16
4
12
6
8
4,541324
2,3756797
7,179652
45
5
6
3
25
36
15
18
30
4,677605
2,8143585
7,179652
46
2
3
2
4
9
4
6
6
4,144562
4,5991462
2,820677
47
3
3
3
9
9
9
9
9
4,336043
1,7850109
7,179652
48
2
6
4
4
36
8
24
12
4,103162
0,0106424
13,53863
49
5
3
4
25
9
20
12
15
4,719005
0,5169682
13,53863
50
2
3
3
4
9
6
9
6
4,144562
1,3100222
7,179652
JML
166
171
156
614
671
506
534
559
219,576046
167,06442
471,1364
Menghitung determinan A :
50
166
171
156
166
614
559
×
=
506
171
559
671
534
det = 267148
MATRIK A1 :
156
166
171
506
614
559
534
559
671
Det[A1]= 1015946
MATRIK A2:
50
156
171
166
506
559
171
534
671
Det[A2]= -51154
MATRIK A3 :
50
166
156
166
614
506
171
559
534
Koefisien Regresi :
Sehingga didapat rumus regresi :
a = artinya jika pendapatan (x1) dan jumlah anggota keluarga (x2) sebesar 0 maka pengeluaran (y) akan sebesar
b1 = artinya jika jumlah anggota keluarga (x2) konstan, maka kenaikan pendapatan (x1) akan menyebabkan penurunan pengeluaran (y) sebesar
b2 = artinya jika pendapatan (x1) konstan, maka kenaikan pengeluaran (y) sebesar
Koefisien Determinan :
Artinya, pengeluaran dipengaruhi oleh harga dan kualitas produk sedangkan sisanya 20,2% dipengaruhi variabel lain yang tidak diketahui
Koefisien Determinasi Disesuaikan(Adjusted) :
KESALAHAN BAKU ESTIMASI :
STANDAR ERROR KOEFISIEN REGRESI
50
166
171
166
614
559
171
559
671
K11=99513
50
166
171
166
614
559
171
559
671
K22=4309
50
166
171
166
614
559
171
559
671
K33=3144
1.1506864
= 0.23944476
Uji F
Mencari F table :
df1 = k – 1 = 3 – 1 = 2
df2 = n – k = 50 – 3 = 47
Tabel Nilai F (0,05) = 3,20
Karena F hitung < F tabel (3,20), Maka Secara bersama variabel bebas Tidak Berpengaruh terhadap variabel tergantung
Uji T
Mencari t table
= 0.05
df = n – k = 50-3=47
Tabel Nilai T (0,05) = 1,684
Karena t 1 ( 1,0564 ) < t tabel ( 1,684) Maka ho diterima
Karena t 2 ( 7,0286) > t tabel ( 1,684 ) Maka Ha diterima
Untuk menguji variabel yang paling berpengaruh digunakan uji elastisitas atau uji koefisien beta
Uji elastisitas
Kesimpulan :Karena Ɛ2 ˃ Ɛ1 atau Beta (X2) ˃ Beta (X1), Jumlah Anggota Keluarga (X2) lebih berpengaruh terhadap Pengeluaran dibandingkan Pendapatan (X1)
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Terdapat pengaruh harga produksi dan kualitas terhadap keputusan konsumen baik secara bersama maupun secara parsial.
Saran
Sebaiknya perusahaan meningkatkan kualitas produksi serta menetapkan harga produksi yang sesuai dengan budget konsumen agar tingkat pembelian konsumen juga meningkat signifikan.
DAFTAR PUSTAKA
http://dhanialfirdaus.wordpress.com/2008/11/06/definisipengertian-promosi-fungsitujuan-bauran-promosi-promotional-mix-produk/
http://www.pendidikanekonomi.com/2012/10/pengertian-keputusan-pembelian-konsumen.html
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Infrastruktur AI Berdaulat di Indonesia yang dikembangkan oleh Indosat dan NVIDIA
www.masizz41.blogspot.com Kamis, 29 Februari 2024 Dalam perkembangan Artificial Inteligence (AI) pada skala global, Indosat Ooredoo Hutchi...
-
PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Seiring dengan perkembangan zaman, kebudayaan umat manusia pun mengalami perubahan. Menurut par...
-
KOMPUTER DAN MASYARAKAT ( HAK CIPTA ) MAKALAH Disusun Oleh : Muhammad Izzuddin (11.240.0258) SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA D...
-
1. Metode Pembuktian Melatih Berpikir Fleksibel Ada cara lain pembuktian itu bisa memanfaatkan teorema lain atau menggunakan teknik...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar