Rabu, 23 Mei 2018

Statistik Lanjut Regresi Berganda

MAKALAH

STATISTIK LANJUT REGRESI BERGANDA

“PENGARUH  HARGA  PRODUKSI BATIK DAN  KUALITAS PRODUK BATIK TERHADAP KEPUTUSAN  KONSUMEN”

Dosen: Tri Pudji Wahjuningsih, M.Si

Disusun oleh:
1. Maskun Falah          ( 11.240.0160 )
2. Alan Yogo Prayogo ( 11.240.0259 )
3. Muhammad Izzuddin ( 11.240.0258 )
   
                          Kelas: 5P42

TEKNIK INFORMATIKA
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER ( STMIK )
2013

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Dengan perkembangan zaman sekarang  ini,  tidak  luput juga diikuti dengan pertumbuhan dan lahirnya perusahaan-perusahaan yang mempunyai teknologi yang modern. Maka menimbulkan persaingan dalam teknologi modern maupun tradisional.   
Harga dan kwalitas adalah merupakan faktor utama dalam mententukan keputusan sesorang akan membeli Batik tersebut.  Faktor  lain  yang  tidak  kalah  penting  adalah  promosi.  Promosi adalah suatu usaha dari pemasar dalam menginformasikan dan mempengaruhi orang atau pihak lain sehingga tertarik untuk melakukan transaksi atau pertukaran produk barang atau jasa yang dipasarkannya.

PENGARUH  HARGA  PRODUKSI BATIK DAN  KUALITAS PRODUK BATIK TERHADAP KEPUTUSAN  KONSUMEN

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas, maka dapat dirumuskan permasalahan:
Apakah terdapat pengaruh antara harga produksi dan kualitas?
Antara produksi dan kualitas apakah ada pengaruh terhadap keputusan konsumen?

C. Hipotesis

Hipotesis sementara:
Terdapat pengaruh harga produksi dan kualitas terhadap keputusan konsumen baik secara bersama maupun secara parsial.
Variabel harga produksi memiliki pengaruh paling besar terhadap  kualitas

D. Data

Data berikut didapat dari 50 orang.
NO
X1
X2
Y

1
3
4
7

2
3
5
7

3
3
2
4

4
2
3
4

5
4
3
4

6
3
3
3

7
5
2
2

8
3
2
2

9
2
6
3

10
3
3
4

11
3
4
5

12
2
5
3

13
2
4
2

14
4
3
3

15
3
2
4

16
2
5
5

17
2
3
3

18
2
3
2

19
4
2
2

20
5
5
2

21
5
2
2

22
2
5
2

23
3
2
5

24
4
3
3

25
3
2
2

26
5
2
2

27
5
5
2

28
2
3
3

29
3
2
4

30
2
2
4

31
3
4
2

32
4
6
2

33
3
2
3

34
5
2
4

35
4
2
5

36
5
5
3

37
2
5
3

38
3
5
2

39
4
5
2

40
5
3
3

41
2
3
2

42
4
3
1

43
5
3
2

44
4
2
3

45
5
6
3

46
2
3
2

47
3
3
3

48
2
6
4

49
5
3
4

50
2
3
3

JML
166
171
156

X1 = Produksi
X2 = Kualitas
Y  = Konsumen


BAB II
PEMBAHASAN

Pengertian

Untuk mengukur besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel tergantung dan memprediksi variabel tergantung dengan menggunakan variabel bebas. Gujarati (2006) mendefinisikan analisis regresi sebagai kajian terhadap hubungan satu variabel yang disebut sebagai variabel yang diterangkan (the explained variabel) dengan satu atau dua variabel yang menerangkan (the explanatory). Variabel pertama disebut juga sebagai variabel tergantung dan variabel kedua disebut juga sebagai variabel bebas. Jika variabel bebas lebih dari satu, maka analisis regresi disebut regresi linear berganda. Disebut berganda karena pengaruh beberapa variabel bebas akan dikenakan kepada variabel tergantung.

Tujuan
Tujuan menggunakan analisis regresi ialah:
Membuat estimasi rata-rata dan nilai variabel tergantung dengan didasarkan pada nilai variabel bebas.
Menguji hipotesis karakteristik dependensi
Untuk meramalkan nilai rata-rata variabel bebas dengan didasarkan pada nilai variabel bebas diluar jangkaun sample.

C.  Analisis
Untuk mengetahui hasilnya, maka dilakukan perhitungan melalui tahapan- tahapan berikut:
1. Persamaan Regresi
Untuk mencari persamaan regresi berganda digunakan matriks determinan.

NO
X1
X2
Y
X1²
X2²
X1*Y
X2*Y
X1*X2
Ypred
(Y-Ypred)²
(Y-Yb)²

1
3
4
7
9
16
21
28
12
4,322243
7,1703826
44,61555

2
3
5
7
9
25
21
35
15
4,308443
7,2444791
44,61555

3
3
2
4
9
4
12
8
6
4,349843
0,1223901
13,53863

4
2
3
4
4
9
8
12
6
4,144562
0,0208982
13,53863

5
4
3
4
16
9
16
12
12
4,527524
0,2782816
13,53863

6
3
3
3
9
9
9
9
9
4,336043
1,7850109
7,179652

7
5
2
2
25
4
10
4
10
4,732805
7,4682232
2,820677

8
3
2
2
9
4
6
4
6
4,349843
5,5217621
2,820677

9
2
6
3
4
36
6
18
12
4,103162
1,2169664
7,179652

10
3
3
4
9
9
12
12
9
4,336043
0,1129249
13,53863

11
3
4
5
9
16
15
20
12
4,322243
0,4593546
21,8976

12
2
5
3
4
25
6
15
10
4,116962
1,2476041
7,179652

13
2
4
2
4
16
4
8
8
4,130762
4,5401467
2,820677

14
4
3
3
16
9
12
9
12
4,527524
2,3333296
7,179652

15
3
2
4
9
4
12
8
6
4,349843
0,1223901
13,53863

16
2
5
5
4
25
10
25
10
4,116962
0,7797561
21,8976

17
2
3
3
4
9
6
9
6
4,144562
1,3100222
7,179652

18
2
3
2
4
9
4
6
6
4,144562
4,5991462
2,820677

19
4
2
2
16
4
8
4
8
4,541324
6,4583277
2,820677

20
5
5
2
25
25
10
10
25
4,691405
7,2436609
2,820677

21
5
2
2
25
4
10
4
10
4,732805
7,4682232
2,820677

22
2
5
2
4
25
4
10
10
4,116962
4,4815281
2,820677

23
3
2
5
9
4
15
10
6
4,349843
0,4227041
21,8976

24
4
3
3
16
9
12
9
12
4,527524
2,3333296
7,179652

25
3
2
2
9
4
6
4
6
4,349843
5,5217621
2,820677

26
5
2
2
25
4
10
4
10
4,732805
7,4682232
2,820677

27
5
5
2
25
25
10
10
25
4,691405
7,2436609
2,820677

28
2
3
3
4
9
6
9
6
4,144562
1,3100222
7,179652

29
3
2
4
9
4
12
8
6
4,349843
0,1223901
13,53863

30
2
2
4
4
4
8
8
4
4,158362
0,0250785
13,53863

31
3
4
2
9
16
6
8
12
4,322243
5,3928126
2,820677

32
4
6
2
16
36
8
12
24
4,486124
6,1808125
2,820677

33
3
2
3
9
4
9
6
6
4,349843
1,8220761
7,179652

34
5
2
4
25
4
20
8
10
4,732805
0,5370032
13,53863

35
4
2
5
16
4
20
10
8
4,541324
0,2103837
21,8976

36
5
5
3
25
25
15
15
25
4,691405
2,8608509
7,179652

37
2
5
3
4
25
6
15
10
4,116962
1,2476041
7,179652

38
3
5
2
9
25
6
10
15
4,308443
5,3289091
2,820677

39
4
5
2
16
25
8
10
20
4,499924
6,24962
2,820677

40
5
3
3
25
9
15
9
15
4,719005
2,9549782
7,179652

41
2
3
2
4
9
4
6
6
4,144562
4,5991462
2,820677

42
4
3
1
16
9
4
3
12
4,527524
12,443426
0,461703

43
5
3
2
25
9
10
6
15
4,719005
7,3929882
2,820677

44
4
2
3
16
4
12
6
8
4,541324
2,3756797
7,179652

45
5
6
3
25
36
15
18
30
4,677605
2,8143585
7,179652

46
2
3
2
4
9
4
6
6
4,144562
4,5991462
2,820677

47
3
3
3
9
9
9
9
9
4,336043
1,7850109
7,179652

48
2
6
4
4
36
8
24
12
4,103162
0,0106424
13,53863

49
5
3
4
25
9
20
12
15
4,719005
0,5169682
13,53863

50
2
3
3
4
9
6
9
6
4,144562
1,3100222
7,179652

JML
166
171
156
614
671
506
534
559
219,576046
167,06442
471,1364

Menghitung determinan A :

50
166
171

156

166
614
559
×

=
506

171
559
671

534

det = 267148

MATRIK A1 :
156
166
171

506
614
559

534
559
671

Det[A1]= 1015946

MATRIK A2:
50
156
171

166
506
559

171
534
671

Det[A2]= -51154

MATRIK A3 :
50
166
156

166
614
506

171
559
534

Koefisien Regresi :

Sehingga didapat rumus regresi :
     
a =  artinya jika pendapatan (x1) dan jumlah anggota keluarga (x2) sebesar 0 maka pengeluaran (y) akan sebesar
b1 =  artinya jika jumlah anggota keluarga (x2) konstan, maka kenaikan pendapatan (x1) akan menyebabkan penurunan pengeluaran (y) sebesar
b2 =  artinya jika pendapatan (x1) konstan, maka kenaikan pengeluaran (y) sebesar

Koefisien Determinan :

Artinya,  pengeluaran dipengaruhi oleh harga dan kualitas produk sedangkan sisanya 20,2% dipengaruhi variabel lain yang tidak diketahui

Koefisien Determinasi Disesuaikan(Adjusted) :
 
KESALAHAN BAKU ESTIMASI :

STANDAR ERROR KOEFISIEN REGRESI

50
166
171

166
614
559

171
559
671

K11=99513

50
166
171

166
614
559

171
559
671

K22=4309

50
166
171

166
614
559

171
559
671

K33=3144

1.1506864

= 0.23944476

Uji F

Mencari F table :
df1 = k – 1     = 3 – 1   = 2
df2 = n – k     = 50 – 3 = 47
Tabel Nilai F (0,05) = 3,20

Karena F hitung  < F tabel (3,20),  Maka Secara bersama variabel bebas Tidak Berpengaruh terhadap variabel tergantung

Uji T

Mencari t table
= 0.05
df  = n – k  = 50-3=47
Tabel Nilai T (0,05) = 1,684

Karena t 1 ( 1,0564 ) < t tabel ( 1,684) Maka ho diterima
Karena t 2 ( 7,0286) > t tabel ( 1,684 ) Maka Ha diterima

Untuk menguji variabel yang paling berpengaruh digunakan uji elastisitas atau uji koefisien beta

Uji elastisitas

Kesimpulan :Karena Ɛ2 ˃ Ɛ1 atau Beta (X2) ˃ Beta (X1), Jumlah Anggota Keluarga (X2) lebih berpengaruh terhadap Pengeluaran dibandingkan Pendapatan (X1)

BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Terdapat pengaruh harga produksi dan kualitas terhadap keputusan konsumen baik secara bersama maupun secara parsial.

Saran
Sebaiknya perusahaan meningkatkan kualitas produksi serta menetapkan harga produksi yang sesuai dengan budget konsumen agar tingkat pembelian konsumen juga meningkat signifikan.

DAFTAR PUSTAKA
http://dhanialfirdaus.wordpress.com/2008/11/06/definisipengertian-promosi-fungsitujuan-bauran-promosi-promotional-mix-produk/
http://www.pendidikanekonomi.com/2012/10/pengertian-keputusan-pembelian-konsumen.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Infrastruktur AI Berdaulat di Indonesia yang dikembangkan oleh Indosat dan NVIDIA

www.masizz41.blogspot.com Kamis, 29 Februari 2024 Dalam perkembangan Artificial Inteligence (AI) pada skala global, Indosat Ooredoo Hutchi...