Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia,
khususnya perkembangan internet sebagai sarana mempermudah akses informasi dan
komunikasi yang menghubungkan setiap orang diberbagai belahan dunia, sangatlah
pesat. Pengguna internet pun semakin meluas, tidak hanya kalangan atas yang
bisa menggunakannya, kini seluruh lapisan masyarakat bisa mengaksesnya, seiring
semakin mudahnya mengakses internet melalui laptop, bahkan perangkat telepon
genggam. Biaya untuk mengaksesnya pun semakin murah, provider internet semakin
gencar bersaing dalam menawarkan tarif yang lebih murah untuk para
pelanggannya. Akses wi-fi
(wireless fidelity) sangat
mudah didapat bila kita berkunjung ke pusat-pusat keramaian, bahkan kampus
dengan gratis. Warung-warung internet (warnet) pun semakin marak dengan biaya
akses yang bisa dikatakan murah.
Dulu kita ingat betul bahwa internet hanya dimaknai
sebatas untuk berkirim pesan elektronik (e-mail), browsing, dan chatting. Namun sekarang kita sudah
sangat lumrah menjumpai istilah nge-blog,
nge-twit, Facebook-an, upload video, update status, dan lain sebagainya. Ya, saat
ini menurut penulis telah terjadi perubahan yang sangat drastis terhadap
pemanfaatan media internet, kini internet juga menjadi media sosial, sharing, dan berhubungan dengan teman
bagi para penggunanya. Dapat kita lihat, di kalangan mahasiswa sendiri, berapa
banyak mahasiswa yang mempunyai account Facebook, Twitter, Friendster, my
space, youtube, hi-five, yahoo koprol, formspring atau foursquare dibandingkan mereka yang tidak aktif
di jejering sosial ini. Kini para penggunanya, terutama di kalangan mahasiswa
malahan lebih banyak mengakses internet hanya untuk membuka situs-situs
pertemanan tersebut dibandingkan dengan mencari informasi yang menunjang
perkuliahannya. Keberadaan jejaring sosial membuat seseorang sangat betah
berlama-lama didepan laptop sambil dimanjakan dengan berbagai fitur seperti
bertukar dinding (wall) dan
chatting pada Facebook,
dan lain sebagainya.
Salah
satu situs jejaring sosial yang perlu mendapat perhatian khusus adalahTwitter. Twitter adalah salah satu jejaring sosial yang
sangat popular di Indonesia, dan di dunia. Setelah maraknya fenomena penggunaan Facebook, Twitter hadir dengan membawa format baru
berupa micro-blogging.
Dalam waktu yang tergolong singkat, Twitter sanggup memikat hati banyak pengguna
internet, khususnya di kalangan para mahasiswa.
Twitter, a Micro-blog
Outside but Macro-scope Inside
Social Network adalah suatu jejaring sosial yang berada di
internet saat ini yang mempunyai cakupan dari sistem software yang memungkinkan pengguna
dapat berinteraksi dan berbagi data dengan pengguna lain dalam skala yang
besar, baik dalam negeri maupun luar negeri, yang mana dalam kamus dunia maya
tidak ada batasan wilayah negara lagi. Social
Network dijalankan
oleh sebuah social softwareyang
mempunyai karakteristik Open
APIs, desain
arsitektur yang berbasiskan service oriented (SOA), dan kemampuan untuk upload data maupun media. Jaringan sosial
internet merupakan salah satu media komunikasi yang dapat dijadikan sebagai
media komunikasi sosial bagi
masyarakat. Komunikasi sosial merupakan suatu kegiatan komunikasi yang lebih
diarahkan pada pencapaian suatu integrasi sosial. Melalui komunikasi sosial
terjadilah aktualisasi dari masalah-masalah yang dibahas. Selain itu kesadaran
dan pengetahuan tentang materi yang dibahas semakin meluas dan bertambah.
Komunikasi sosial adalah sekaligus suatu proses sosialisasi. Melalui komunikasi
sosial dicapailah suatu stabilitas sosial, tertib sosial, penerusan nilai-nilai
lama dan baru yang diagungkan dalam masyarakat. Malalui komunikasi sosial,
kesadaran dapat dipupuk, dibina dan diperluas. Masalah-masalah sosial juga
dapat dipecahkan melalui consensus.
Twitter adalah salah satu dari social
network yang banyak
dinikmati oleh berbagai kalangan, baik tua, remaja, bahkan anak kecil. Konsep
yang diusung Twitter adalah micro-blogging berupa menyebarkan informasi
pesan secara singkat, padat, danreal-time, didalam sebuah kalimat yang
berjumlah kurang dari 140 karakter kepada para pembacanya yang tersebar di
seluruh penjuru dunia. Pengguna Twitter dapat menyebarkan dan menuliskan
pesannya dalam bermacam cara, bisa melalui situs resminya di http://www.twitter.com atau melalui beberapa aplikasi untuk browser di computer, seperti Twirl, Snitter, Twitterfox,
Echofon, tweetMachine, dan
lain sebagainya. Untuk pengguna Twitter yang sering bermobilisasi, ada pula Twitter via sms, Twitter via browser
handphone melalui dabr, tuitwit, m.tweete.net,
Twitter for Blackberry, uberTwitter bagi
pengguna Blackberry, atau Twitter
for Android bagi
pengguna handphone bersistem operasi Android. Saat ini Twitter menempati urutan ke-17 dari 100 urutan website terbanyak diakses di Indonesia,
masih dibawah Facebook yang
menempati urutan pertama.
Ide
pembuatan media online Twitter adalah berawal dari pertanyaan sepele,
“Apa yang anda lakukan saat ini?”. Jawaban
dari pertanyaan tersebut akan disebarluaskan oleh Twitter melalui fasilitas antar muka (dashboard) penggunanya.Twitter juga menyediakan aplikasi antarmuka
tersebut tampil di website penggunanya. Twitter bisa digunakan sebagai sarana penyebar
informasi kepada semua orang, baik yang dikenal ataupun tidak. Penyampaian
pesan dalam Twitter umumnya
tidak mengharapkan balasan/respon dari pengguna lainnya, namun hal ini lambat
laun berganti menjadi situs “tanya-jawab” bagi penggunanya melalui sistem retweet
(RT). Untuk urusan sosial, Twitter mampu memberikan informasi cepat
mengenai keberadaan orang lain atau kegiatan apa yang sedang kita lakukan.
Untuk urusan bisnis, Twitter bisa dijadikan alalt untuk mengumumkan
kabar terbaru atau posting
blog terbaru dari sebuah
perusahaan bahkan bisa digunakan untuk berinteraksi dengan konsumen. Twitter saat ini juga memudahkan kolaborasi
internal dan komunikasi dalam sebuah kelompok.
- Simpel
Penggunaan Twitter dinilai
lebih simple, karena tampilannya yang sederhana, hanya ada satu halaman utama
yang menyajikan menu-menu utama dalam Twitter. Sangat berbeda
dengan Facebook, Friendster, atau jejaring sosial lain
yang terkesan lebih menyulitkan dalam berkirim pesan, karena harus melihat
profil dari yang dituju terlebih dahulu. Selain itu, simple disini juga berarti
pemakaian 140 karakter yang dinilai efektif dan efisien dalam berkirim pesan,
tidak bertele-tele dan tepat sasaran. Status dan pesan kepada orang lain berada
dalam satu kontrol. Bila tanpa mentionmaka otomatis menjadi
“status”, apabila diberi mention (@username) maka otomatis
menjadi pesan yang bisa dibaca oleh si penerima pesan.
Sisi simple Twitter yang
lainnya adalah semua orang bisa menjadi pengikut (followers) kita
otomatis,
tanpa harus meminta konfirmasi dari kita, berbeda denganFacebook yang
disisi lain merugikan kita karena harus menunggu konfirmasi untuk menjadi
teman. Dan saat pengkonfirmasian di Facebook tentu amat sangat
repot, terlebih apabila ada permintaan teman yang jumlahnya ribuan, kita harus
mengkonfirmasikannya satu-per-satu.
Tampilan yang simple
tentu membuat biaya browsing melalui telepon genggam menjadi
lebih murah, apalagi didukung dengan fitur tampilan foto yang diperkecil, yang
berakibat pada rendahnya bandwitch pemakaian dan pulsa telepon
genggam para mahasiswa. Berbeda dengan Facebook yang setiap
membuka halamannya pasti menguras pulsa, apalagi jika fitur tampilan fotonya
diaktifkan secara maksimal.
- Mengikuti Trend
Tergabungnya para artis,
politisi dan tokoh lain dalam Twitter tak pelak menimbulkan
dorongan baru bagi para onliners untuk membuat account Twitter.
Hal tersebut tidak lepas dari aura trendsetter yang ada pada
diri para tokoh tersebut. Berbondong-bondong para penggemar membuat account Twitter untuk
dapat mengetahui keseharian dan kegiatan dari sang idola. Factor trend juga
dapat dipahami sebagai rasa ingin mengikuti hal-hal yang menjadi keseharian
dari khalayak umum. Seseorang ingin memiliki account Twitter seperti
kebanyakan temannya, agar tidak dianggap sebagai orang yang ketinggalan jaman.
Saat ini juga marak kata-kata “eksis”, dimana seseorang baru dianggap
eksistensinya jika memiliki banyak account di dunia maya atau social
network dan sering online padaaccount tersebut.
Disisi lain, kebosanan yang melanda sebagian Facebookers, membuat
semakin jarang pengguna Facebook yang mengupdate statusnya,
karena takut dikatakan terlalu eksis, berlebihan (lebay) atau sebutan
negatif lainnya.
Kisah Pendiri Twitter
Jack Dorsey lahir pada tanggal 19 November 1976 di St. Louis, Missouri. Pada usia 14
tahun Jack sudah menunjukkan minat yang besar pada pengembangan perangkat
lunak.
Setelah dia menyelesaikan kuliahnya dari University of
Missouri, kemudian Jack Dorsey pindah ke California. Saat itu
penggunaan pesan singkat dan instant sangat digemari oleh banyak orang, dan
layanan AOL instant messenger sangat banyak digunakan orang pada saat itu.
Jack Dorsey terinspirasi untuk
membuat sesuatu yang baru dimana orang bisa mengirimkan pesan singkat seperti
SMS (short message service) yang dapat dikirimkan melalui internet. Jack terus
mengembangkan idenya itu dengan membuat sebuah web dimana orang-orang bisa
berbagi status mereka kepada teman-teman mereka tanpa harus menulis di blog.
Kemudian, Jack
menemukan konsep dari sebuah layanan SMS
berbasis kelompok yang dikembangkan oleh TXTMob dan juga kata “What Are You
Doing?” adalah kata yang menginspirasi Jack untuk dijadikan trademark dari
setiap pesan status dalam Twitter. Pesan atau update status yang dikirimkan ke
twitter di beri nama “tweet”.
Ide tersebut
disambut baik oleh Evan Williams seorang eksekutif di perusahaan Google. Dan
Evan kemudian memberikan dana untuk mendirikan perusahaan sehingga ide Jack
Dorsey itu dapat terwujud. Dan pada Agustus 2010 diluncurkanlah twitter.com
dengan konsep micro-blog.
Jack Dorsey
memberika logo burung biru kecil pada homepage twitter.com dimana logo burung
ini melambangkan sesuatu yang kecil, lucu, menyenangkan, serta menyiratkan
informasi bagi semua orang. Sebagian besar orang pasti menyangka bahwa logo
twitter tersebut dibuat oleh seorang designer logo dengan grafis yang sempurna.
Ternyata logo itu dibuat oleh seorang designer dengan biaya hanya USD 6 dan
itupun tanpa bayaran atribusi. Pihak twitter membeli logo tersebut pada situs
iStockphoto dengan harga USD 15.
Karena twitter
dibuat dengan konsep microblogging, maka setiap update status atau pesan pada
twitter dibatasi hanya 140 karakter per post. Jika kegiatan menulis di blog
yang dilakukan oleh blogger disebut dengan blogging, kegiatan pada twitter juga
memiliki istilah sendiri yaitu tweeting.
Pada
perkembangannya situs microblogging ini mengalami pertumbuhan yang sangat
pesat. Pada tahun 2009 – 3 tahun sejak didirikan – Twitter menjadi salah satu
situs yang paling populer di dunia world wide web, ini diteliti oleh sebuah
lembaga penelitian web Alexa’s Web Traffic Analysis. Pada tahun yang sama, blog
Compete.com juga memasukkan Twitter dalam 3 situs jejaring sosial yang paling
banyak digunakan orang, hal ini berdasarkan perhitungan dimana mereka mencatat
ada 55 juta pengguna internet yang mengunjungi Twitter setiap bulannya.
Twitter telah
menjadi situs microblogging yang sangat populer di dunia. Twitter sendiri ini
berawal dari rangkaian proyek sederhana yang ingin membuat sistem broadcast
message yang ada di BlackBerry. Awal mulanya twitter ini bernama ‘twttr’ dan
berubah menjadi media sosial yang paling populer saat ini. Media sosial ini
juga bisa di nilai sebagai media informasi dengan penyebaran informasinya yang
tercepat dan terluas saat ini. Bagaimana perkembangan twitter hingga dapat
menjadi media sosial paling populer saat ini?
Twitter tidak
akan pernah terlahir di dunia ini bila sang penemu jack Dorsey tidak berkeinginan
untuk
membuat sebuah aplikasi atau sebuah sistem layanan dimana seseorang bisa
menyampaikan menyampaikan informasi apapun dengan singkat, padat dan jelas
dengan karakter dibatasi 140 karakter yang bisa digunakan.
Berawal dari sebuah penciptaan twitter
yang berawal dari acara diskusi yang diadakan perusahaan podcast yang bernama
Odeo. Dorsey sendiri mengungkapkan idenya untuk membuat suatu layanan pesan
singkat yang saling berkomunikasi dengan kelompok kecil, itu merupakan ide awal
sang penemu twitter. Dorsey sendiri telah menggunakan nama Twttr yang saat ini
namanya menjadi twitter hanya dikarenakan sulit di eja dan juga menyulitkan
para penggunanya untuk dapat mengingat layanannya dan akhirnya namanya di ubah
menjadi twitter. Berawal dari ide yang sederhana itu menjadikan jack Dorsey ini
menjadi salah satu orang terkaya di dunia.
Seorang pemuda yang menjadi web developer dan
juga pengusaha internet yang terkemuka di dunia adalah 3 dari pendiri twitter
dan sekarang menjadi CEO twitter. Selain twitter dia juga memiliki usaha square
yang juga sukses.
Twitter merupakan media sosial dan
juga bisa dikatakan sebagia microblogging yang populer di dunia ini. Walaupun
facebook merupakan pengguna jejaring sosial terbanyak di dunia ini, tapi
twitter adalah merupakan jejaring sosial yang paling di sukai oleh anak muda
saat ini.
Twitter ini sendiri bermula dari 3 orang pemuda yang semuanya tergila – gila oleh teknologi informasi, yaitu evan Williams, Biz Stone dan Jack Dorsey.
Twitter ini sendiri bermula dari 3 orang pemuda yang semuanya tergila – gila oleh teknologi informasi, yaitu evan Williams, Biz Stone dan Jack Dorsey.
Diantara orang bertiga tersebut biz
stone ingin membuat sesuatu yang berdampak pada dunia. Twitter itu sendiri
merupakan ide yang sederhana, tetapi mereka berfikir bagaimana seseorang
berkomunikasi dengan banyak orang tanpa harus bertemu. Mereka juga berfikir
bagaimana seseorang bisa menuliskan apa yang ada di pikiran tanpa harus repot –
repot harus membuka dan memposting blog.
Saat ini, Twitter sangat banyak digunakan oleh
orang-orang di seluruh dunia. Mulai dari selebriti papan atas, hingga
masyarakat biasa, memiliki dan menggunakan Twitter. Seperti yang telah
dijelaskan sebelumnya, pembawaan Twitter sangatlah simple, sehingga fasilitas
yang dimiliki juga tidak banyak. Melalui tweet, kita dapat menyampaikan pesan
apa saja layaknya blog berjalan. Selain itu tweet juga menyediakan ruang bagi
kita apabila ingin menyampaikan pesan melalui foto. Namun, ruang yang
disediakan hanya untuk 1 foto per-postnya.
Di sinilah kelemahan Twitter yang tidak memiliki
fasilitas untuk membuat album foto atau mengunduh video. Jika kita ingin
memberi pesan dalam bentuk video, kita hanya dapat memposting video tersebut untuk
dibuka pada tab lain. Sedangkan Untuk pesan yang sifatnya pribadi atau rahasia,
kita dapat menggunakan DM (Direct Message) untuk dikirim ke 1 orang tertentu.
Selain tweet, Twitter juga memiliki ciri khas lain, yaitu Retweet dan Trending Topic World Wide (TTWW). Retweet adalah istilah yang digunakan apabila kita setuju atau merasakan hal yang sama dengan tweet teman kita.
Selain tweet, Twitter juga memiliki ciri khas lain, yaitu Retweet dan Trending Topic World Wide (TTWW). Retweet adalah istilah yang digunakan apabila kita setuju atau merasakan hal yang sama dengan tweet teman kita.
Sedangkan Trending Topic World Wide (TTWW) adalah istilah
yang digunakaan saat tweet yang diposting oleh orang-orang berada dalam jumlah
banyak, bahkan seluruh dunia. Sehingga menjadi salah satu topik di dunia. Agar
menjadi bisa menjadi TTWW, postingan tweet harus menggunakan hashtag (#) sesuai dengan topik yang ada.
menjadi bisa menjadi TTWW, postingan tweet harus menggunakan hashtag (#) sesuai dengan topik yang ada.
Di sini kita akan melihat seberapa besar suatu negara
terpengaruhi oleh Trending Topic World dari yang paling penting hingga tidak
sama sekali. Tak usah jauh-jauh, Negara yang akan dikaitkan adalah Negara kita
sendiri yaitu, Indonesia. Masyarakat Indonesia sangat pintar dalam membuat
Trending Topic World Wide dibanding Negara lain. Hal ini dapat dibuktikan dalam
acara televisi seperti Indonesian Idol. Hampir setiap konstestan dalam
Indonesian Idol bisa menjadi TTWW setelah selesai tampil bernyanyi. Padahal,
jarak tampil antar
kontestan sangat dekat. Ini berarti kecepatan masyarakat Indonesia
dalam memposting tweet sangat cepat.
Bila kita lihat dalam acara lain, seperti Hari Ibu
misalnya, pada 22 Desember 2012 lalu, masyarakat Indonesia juga berhasil
membuat Hari Ibu menjadi TTWW dengan hashtag #TerimakasihIbu. Selain itu, jika
diperhatikan dari tweet remaja jaman sekarang, mereka terlalu sering memposting
tweet. Perbandingan tweet yang satu dengan yang lainnya hanya berkisar
rata-rata 1 menit, bahkan ada yang hanya beberapa detik saja, wow!
Tapi sangat disayangkan apabila mereka memposting tweet
yang kurang “berkualitas”. Kebanyakan tweet tersebut hanya berhubungan dengan
percintaan atau memberi tahu kegiatan mereka secara belebihan. Sehingga
terkesan seperti pamer. Hal ini dikhawatikan akan membuat anak-anak muda jaman
sekarang hanya mengejar popularitas agar bisa eksis di dunia per-twitter-an.
Bahkan mereka rela membuang waktu berjam-jam hanya untuk memposting atau
sekadar membaca tweet di timeline. Padahal seharusnya waktu tersebut bisa
digunakan mereka untuk belajar sebagaimana kewajiban sebagai generasi penerus
bangsa. Atau setidaknya digunakan untuk bersosialisasi dengan dunia nyata
bersama orang-orang di lingkungan sekitar.
Lalu apakah masyarakat Indonesia memang tergolong mudah terpengaruhi?
Atau memiliki kepuasan jika dapat eksis di jejaring sosial? Sudahkah masyarakat
Indonesia menggunakan Twitter dengan benar dan sebagaimana
mestinya? Sayangnya jawaban dari pertanyaan tersebut kurang dapat dipertangungjawabkan. Karena orang-orang masih banyak yang berbohong dalam mengisi kuisioner dari pertanyaan tersebut.
mestinya? Sayangnya jawaban dari pertanyaan tersebut kurang dapat dipertangungjawabkan. Karena orang-orang masih banyak yang berbohong dalam mengisi kuisioner dari pertanyaan tersebut.
Tetapi tidak sedikit pula sikap positif masyarakat Indonesia dalam
memanfaatkan Twitter. Misalnya sebagai sarana promosi dalam berjualan atau yang
lebih dikenal online shop, sebagai sarana penyampai motivasi dari para
motivator terkenal seperti Mario Teguh dan Felix Siauw, atau sebagai sarana
penyampai informasi pendidikan, contohnya pada akun twitter @infoSNMPTN.
Jadi, kembali pada kesadaran diri masing-masing, jika masyarakat Indonesia
membuat TTWW dalam hal yang positif, ya tidak ada salahnya. Namun tetap harus
ingat, setiap tweet yang kita posting di Twitter dapat dibaca oleh orang lain.
Gunakan Twitter seperlunya, jangan melakukan spamming sehingga menjadi noise
dan mengganggu kenyamaan bagi pengguna Twitter yang lain.
FITUR
UTAMA
@
Fitur @ digunakan
untuk memberi pesan atau twit kepada pengguna lain. Fitur ini merupakan fitur
yang harus digunakan saat memberi twit kepada orang lain. Untuk memberi twit
yang hanya sebagai pemberitahuan dari pengguna, pengguna tidak harus
menggunakan fitur ini.
Membalas Pesan (RT
Retweet)
Fitur ini bisa
digunakan untuk membalas twit yang disampaikan oleh pengguna lain serta
digunakan untuk menyampaikan ulang pesan yang terdapat pada halaman kita. Cara
penggunaan yaitu dengan menekan fitur RT pada twit yang ingin dibalas atau
ingin ditulis ulang. Contohnya: RT @tora152: hai teman apa kabar?.
Favorit (Fav)
Fitur ini dapat
digunakan bila pengguna menyukai satu atau beberapa twit yang ditampilkan pada
halaman utama pengguna. Untuk melakukan kegiatan ini cukup dengan mengeklik
fitur fav pada twit yang disukai.
Pesan Pribadi (DM)
Fitur ini digunakan
untuk memberi pesan pribadi kepada pengguna yang ingin dituju. Cara
penggunaannya adalah dengan mengeklik fitur DM maka secara otomatis akan muncul
kotak kecil tempat pengguna dapat menulis pesan pribadi.
Hapus (del)
Fitur ini digunakan
untuk menghapus twit yang pernah disampaikan oleh pengguna atau twit yang
terdapat nama pengguna. Penggunaan fitur ini sama dengan fitur Favorit.
Ikuti (Follow)
Fitur ini merupakan
salah satu fitur utama dari jejaring sosial Twitter. Untuk menambah teman para
pengguna, maka pengguna harus menggunakan fitur ini. Cara penggunaan fitur ini
adalah membuka profil pengguna yang akan diikuti lalu menekan tombol
Ikuti.
Tidak Mengikuti
(Unfollow)
Fitur ini merupakan
kebalikan dari fitur sebelumnya. yaitu untuk tidak mengikuti pengguna yang
sebelumnya telah diikuti oleh pengguna. Cara penggunaan fitur ini sama dengan
fitur Ikuti, yaitu dengan membuka profil pengguna yang tidak ingin digunakan
lagi lalu menekan fitur Tidak Ikuti.
Teman (friends)
Fitur ini digunakan
untuk melihat para pengguna lain yang diikuti oleh pengguna. Fitur ini akan
menampilkan lima profil akun yang diikuti oleh pengguna pada tiap halaman.
Urutan tampilan profil akun yang diikuti ini adalah mulai dari yang terakhir
diikuti oleh pengguna yang bersangkutan.
Pengikut (Followers)
Fitur ini digunakan
untuk melihat pengguna pengguna lain yang mengkuti akun pengguna yang
bersangkutan. Halaman yang ditampilkan untuk profil ini sama dengan tampilan
halaman pada fitur Teman.
Fitur Tambahan
Unggah Foto (Upload
Photo)
Fitur ini memudahkan
pengguna untuk mengunggah foto. Cara menggunakan fitur ini yaitu dengan menekan
tombol fitur, selanjutnya dapat mengunggah dengan dua cara pertama mengambil
foto atau mengakses foto yang tersimpan dari perangkat yang dipakai.
Ikon Ekspresi
Fitur ini memampukan
pengguna untuk mempercantik pesan atau twit yang ingin disampaikan baik yang
ditujukan kepada pengguna lain maupun yang tidak. Ikon ekspresi yang terdapat
pada jejaring-jejaring lokal seperti Kaskus dan Parampaa Land. Fitur ini belum terdapat
pada situs resmi jejaring
sosial Twitter.
Twitter oAuth
Fitur ini merupakan salah
satu fitur utama yang terdapat pada jejaring sosial Twitter yang berguna untuk
menjamin keamanan data pengguna.
Teks Panjang (Long
Text)
Fitur ini merupakan
fitur yang memampukan pengguna untuk menulis pesan atau twit lebih dari 140 karakter huruf. Jejaring sosial Twitter hanya membatasi pengguna
untuk menyampaikan pesan hanya 140 karakter. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus
melakukan aktivasi melalui pengaturan aplikasi yang dilanjutkan dengan
mengaktifkan fitur melalui tombol Dukung Teks Panjang (Support Long Text).
Lokasi Geo Manual (
Manual Geo Location)
Fitur ini memampukan
pengguna untuk mengetahui dimana lokasi dari pengguna sekarang maupun lokasi dari
pengguna lain yang diikuti saat melakukan pembaharuan pesan. Fitur ini baru
terdapat pada dua aplikasi yaitu Tuitwit dan UberTwitter.
Mendiamkan (Mute)
Fungsi dari fitur ini
adalah tidak menampilkan status terbaru dari pengguna lain yang diikuti. Fitur
ini dapat digunakan jika pengguna ingin menyamarkan keberadaannya, yaitu dengan
tetap menjadi pengikut dari pengguna lainnya namun tidak mengikuti status
terbaru yang dikirim oleh pengguna tersebut. Untuk mengaktifkan fitur ini,
pengguna harus membuka akun profil dari pengguna yang ingin didiamkan, kemudian
setelah halaman profil pengguna yang diikuti tampil, pengguna dapat menekan
tombol fitur untuk mendiamkan tersebut.
Siapa Yang Tidak lagi
Mengikutimu ( Who is Not Following You Back)
Fitur ini memampukan
pengguna untuk memeriksa pengguna yang tidak lagi menjadi pengikut dari akun
profil pengguna.
Warna ( Color)
Fitur ini memampukan
pengguna untuk mengubah tampilan warna pada halaman profil. Terdapat lima
pilihan warna pada fitur ini yaitu Merah, Biru, Biru Gelap, Hijau, dan Hitam.
Untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus masuk melalui tombol pengaturan,
kemudian menekan tombol warna, memilih warna lalu menekan tombol simpan.
Kelebihan dan
Kekurangan
Aplikasi ini memiliki
banyak kelebihan dari segi fitur. Namun beban data yang ditampilkan pada
aplikasi ini cukup banyak. Unutk menampilkan satu halaman data bisa mencapai
sepuluh kilobita. Untuk internet yang berbiaya data maka hal ini akan cukup
memberatkan.
Jumlah Pengguna
Sampai Saat Ini Jumlah Pengguna Yang Telah Menggunakan
Aplikasi Tuitwit Adalah 373,400. Jumlah Pengguna Aktif Per Lima Menit Adalah
600 Pengguna, Dan 1.200.000 Halaman Dibuka Setiap Harinya.
Fitur Aplikasi Yang
Ada Di Twitter – Fitur
aplikasi yang ada di twitter adalah aplikasi yang ada ditwitter.
Walaupun setiap orang beramai-ramai menggunakan jejaring social facebook, namun saat ini twitter mulai dilirik oleh banyak
orang. Twitter hanya mengandalkan pesan singkat sehingga karena
minimnya fasilitas maka banyak orang lebih suka menggunakan software/aplikasi
untuk ngetweet, baik itu yang ada di komputer ataupun di handphone.
Pada umunya software maupun fitur aplikasi yang ada di twitter lebih fleksibel dan user interface yang digunakan lebih nyaman. Banyak fitur aplikasi yang ada di twitter, ada yang digunakan untuk desktop, Blackberry, ataupun yang ada di iPhone maupun Android.
Berikut adalah fitur aplikasi yang ada di twitter untuk PC, diantaranya adalah:
1. Tweetdeck.com – merupakan aplikasi yang digunakan untuk berbagi tweets kebeberapa kelompok topik atau kolom grup. Dengan aplikasi ini anda dapat menciptakan database sendiri, sehingga anda dapat mengetik tweets baru walaupun sedang offline. Tweets tersebut akan langsung terkirim ke akun twitter anda, setelah twitter anda diaktifkan.
2. Digitweet.com – merupakan perangkat open source yang bias dijalankan untuk PC dengan OS Windows sehingga dapat digunakan di Desktop untuk mengakses Twitter. DigiTweet menyediakan fungsionalitas Twitter dengan user interface yang kaya melalui Windows Presentation Foundation. Di fitur utama disediakan fasilitas pencarian untuk menemukan pengguna twitter lainnya serta isi Twitter, daftar teman-teman, sekaligus melihat akun twitter siapa yang mengikuti dan yang anda ikuti.
3. Twhirl.org - Fitur Aplikasi Yang Ada Di Twitter yang digunakan pada komputer dengan OS Mac ataupun Windows. Aplikasi twitter untuk desktop ini ada beberapa fitur:
Pada umunya software maupun fitur aplikasi yang ada di twitter lebih fleksibel dan user interface yang digunakan lebih nyaman. Banyak fitur aplikasi yang ada di twitter, ada yang digunakan untuk desktop, Blackberry, ataupun yang ada di iPhone maupun Android.
Berikut adalah fitur aplikasi yang ada di twitter untuk PC, diantaranya adalah:
1. Tweetdeck.com – merupakan aplikasi yang digunakan untuk berbagi tweets kebeberapa kelompok topik atau kolom grup. Dengan aplikasi ini anda dapat menciptakan database sendiri, sehingga anda dapat mengetik tweets baru walaupun sedang offline. Tweets tersebut akan langsung terkirim ke akun twitter anda, setelah twitter anda diaktifkan.
2. Digitweet.com – merupakan perangkat open source yang bias dijalankan untuk PC dengan OS Windows sehingga dapat digunakan di Desktop untuk mengakses Twitter. DigiTweet menyediakan fungsionalitas Twitter dengan user interface yang kaya melalui Windows Presentation Foundation. Di fitur utama disediakan fasilitas pencarian untuk menemukan pengguna twitter lainnya serta isi Twitter, daftar teman-teman, sekaligus melihat akun twitter siapa yang mengikuti dan yang anda ikuti.
3. Twhirl.org - Fitur Aplikasi Yang Ada Di Twitter yang digunakan pada komputer dengan OS Mac ataupun Windows. Aplikasi twitter untuk desktop ini ada beberapa fitur:
·
Anda dapat melihat
dan merespons tweets para tweeps lainya dengan ukuran layar yang pas.
·
Dapat menerima update
dari beberapa akun twitter sekaligus. Sehingga bagi anda yang memiliki akun
twitter yang banyak sangat cocok menggunakan aplikasi ini.
·
Twhirl ini tetap
berjalan walaupun anda sudah menutup aplikasi ini, dan sedang melakukan
aktifitas lainnya.
·
Selain itu ada
pemberitahuaan pesan, pemotongan alamat URL otomatis, kirim gambar ke Twitpic,
timeline filtering dan anda bebas mengganti warna tampilan.
4. Desktop.seesmic.com – Merupakan fitur aplikasi yang ada di twitter dan
merupakan saingan berat TweetDeck. Seesmic dapat mengintegrasikan seluruh
fungsionalitas twitter termasuk auto-refresh, berbagi link, foto dan video ke
teman dengan mudah dan cepat, serta dapat mengelompokkan kontak-kontak di
twitter ke dalam beberapa daftar seperti keluarga, teman kerja, sahabat, dll.
5.Twunami.com – merupakan fitur aplikasi yang dapat memonitor akun twitter anda dari desktop komputer. Sehingga anda dapat mengerjakan berbagai hal menarik, seperti mengkonfigurasi ruang kerja tweets, melakukan tweet dan retweet dan masih banyak hal lain yang dapat dilakukan melalui aplikasi yang satu ini.
Sedangkan fitur aplikasi yang ada di twitter untuk Blackberry adalah:
- Ubersocial for Blackberry
- Hootsuite for Blackberry
Sedangkan fitur aplikasi yang ada di twitter untuk Blackberry adalah:
- TweetBot
- Hootsuite
5.Twunami.com – merupakan fitur aplikasi yang dapat memonitor akun twitter anda dari desktop komputer. Sehingga anda dapat mengerjakan berbagai hal menarik, seperti mengkonfigurasi ruang kerja tweets, melakukan tweet dan retweet dan masih banyak hal lain yang dapat dilakukan melalui aplikasi yang satu ini.
Sedangkan fitur aplikasi yang ada di twitter untuk Blackberry adalah:
- Ubersocial for Blackberry
- Hootsuite for Blackberry
Sedangkan fitur aplikasi yang ada di twitter untuk Blackberry adalah:
- TweetBot
- Hootsuite
Apakah anda
menggunakan twitter saat ini? Twitter adalah salah satu situs social media
yang paling populeri, hal ini tidak bisa diragukan. Sebagian besar masyarakat
Indonesia saat ini sudah mengenal dan menggunakan twitter dalam kegiatan
sehari-hari, baik itu untuk bisnis ataupun untuk keperluan pribadi.
Seorang yang menggeluti sebuah
bisnis sangat disarankan untuk memiliki
sebuah aku twitter untuk kegiatan promosi usahanya melalui socia media. Jika
anda masih baru dalam menggunakan twitter, kemungkinan anda akan merasa
kesulitan dalam memulainya atau bahkan kebingungan dalam percakapan dengan
orang lain. Kesulitan seperti inilah yang sering membuat banyak orang
kehilangan kesempatan dalam memperkenalkan bisnisnya melalui social media ini.
Mungkin anda masih baru dalam mengenal twitter, atau
mungkin juga anda telah lama mengenal social media ini, tapi apakah anda sudah
melakukan kegiatan social media anda di twitter dengan benar? Berikut ini
adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan dalam penggunaan
twitter:
1. Anda tidak mengisi biografi anda dengan benar
Biasanya
pengguna twitter lebih suka untuk memfollow akun yang telah mengisi biografi
dengan baik, karena itu pastikan anda tidak lupa untuk mengisi biografi anda
pada bagian profile. Tidak perlu membuat biografi yang terlihat sangat bagus,
cukup dengan memberikan data singkat tentang anda dan topik yang anda sukai
sehingga profile anda terlihat lebih menarik untuk difollow.
2. Menggunakan logo sebagai foto profile anda
Jika anda
membuat akun twitter untuk diri anda sendiri, sebaiknya anda juga menggunakan foto
diri anda sebagai foto profile. Penggunaan logo perusahaan atau logo bisnis
pada akun twitter pribadi anda bukanlah hal yang tepat untuk dilakukan, kecuali
anda memasang logo tersebut pada akun twitter perusahaan atau bisnis anda.
Pastikan anda
memasang foto yang menggambarkan diri anda secara jelas. Penggunaan foto
seluruh badan bukanlah hal yang bijak karena wajah anda tidak akan terlihat
dengan jelas, mengingat gambar profile twitter yang tersedia hanya kotak kecil
saja. Pastikan wajah anda terlihat jelas pada akun twitter anda karena hal ini
akan membuat orang lain lebih percaya pada anda.
3. Hanya memposting yang isinya promosi
Twitter memang
sebuah socia media yang sangat ampuh untuk kegiatan promosi anda, tapi bukan
berarti bahwa anda hanya memposting yang isinya promosi produk atau perusahaan
anda. Jika anda hanya memposting promosi saja, anda akan menyadari bahwa anda
hanya seperti berbicara pada ruang kosong karena tidak akan ada yang perduli.
Twitter adalah
platform social media, maka perlakukanlah seperti yang seharusnya, tetaplah
terhubung dengan orang lain dan bersosialisasi di twitter. Anda harus
menggabungkan tweet promosi dan juga tweet pribadi, ini akan terlihat lebih
wajar.
4. Mengirimkan Pesan Otomatis kepada followers
Pada awalnya
ide ini adalah untuk mengirimkan pesan ‘terimakasih’ atau ‘salam kenal’ kepada
followers baru, tapi pada penggunaannya kebanyakan orang menggunakan pesan
otomatis ini untuk mengirimkan pesan yang berisi promosi dan SPAM pesan
pejualan.
Sebaiknya anda
menggunakan tools pesan otomatis tersebut hanya untuk mengucapkan salam atau
terimakasih. Jangan membuat diri anda seperti SPAMMER dengan mengirimkan pesan
otomatis yang berisi pesan-pesan penjualan produk atau jasa anda kepada
followers baru.
5. Hanya memposting feed dari blog secara terus menerus
Bukan berarti
saya tidak menyukai sesuatu yang otomatis, tapi bila anda tidak pernah
memposting sesuatu di akun anda atau mungkin mengucapkan salam kepada followers
baru anda secara manual, kemungkinan orang akan menganggap akun anda adalah
robot yang membosankan. Dan akhirnya followers anda akan mengacuhkan tweet
anda, atau lebih buruk akan meninggalkan anda.
6. Terlalu pelit untuk memfollow orang lain
Mungkin anda
pernah melihat sebuah akun twitter yang memiliki ratusan ribu followers tapi
akun tersebut hanya memfollow 10 orang saja. Menurut saya ini adalah sesuatu
yang tidak wajar, kecuali anda seorang artis yang sangat terkenal seperti
Justin Bieber.
Anda tidak
harus memfollow back setiap akun yang memfollow anda, tapi sebaiknya anda
follow back setiap akun yang memiliki minat yang sama dengan anda atau orang
yang berpotensi jadi customer anda.
7. Lupa untuk menambahkan simbol khusus sebelum membalas tweet
Pada twitter,
percakapan antara anda dengan orang lain yang diawali dengan simbol
‘@username’ hanya dapat dilihat oleh akun twitter lain yang menjadi follower
anda dan juga teman bicara anda di twitter.
Mungkin ini
bukan masalah besar buat anda, tapi coba bayangkan bagaimana bila teman bicara
anda adalah seorang yang terkenal di industri anda dan kebetulan anda bertemu
dengan dia di twitter. Tentunya anda ingin agar followers anda tahu bahwa anda
sedang berbicara dengan sorang figur terkenal, tapi bila anda tidak menggunakan
simbol penting itu, orang lain yang menjadi follower anda dan juga follower
teman bicara anda tidak akan melihat pembicaraan tersebut.
8. Melakukan pelanggaran hastags dengan tujuan untuk publisitas
pribadi
Mungkin anda tergoda untuk memanfaatkan setiap trending
topik untuk mempromosikan bisnis anda. Misalnya, jika topik “#JustinBieberDower”
sedang trending, menambahkan hastags yang sama ke dalam post anda akan membuat
post itu terlihat oleh semua orang yang sedang memonitor kalimat itu, dan ini
sangat berpotensi untuk mendapatkan banyak followers dan juga trafik ke bisnis anda.
Namun,
menyebutkan brand bisnis anda pada setiap trending topik bukanlah hal yang
baik, kesalahan ini sering dilakukan oleh seorang pemula atau orang yang tidak
perduli dengan akun twitternya. Gunakan hastags populer hanya pada saat yang
tepat, jangan menggunakan hastags pada setiap trending dan tidak berhubungan
dengan bisnis anda kecuali anda ingin disebut sebagai seorang SPAMMER.
9. Sangat jarang menggunakan twitter
Mungkin
kesibukan membuat anda berpikir bahwa cukup menggunakan twitter hanya
sekali sebulan saja. Ketika banyak orang mengatakan bahwa twitter adalah tempat
yang power full untuk bisnis mereka, sebenarnya yang mereka katakan itu
bukanlah social medianya tapi keuntungan yang didapatkan dari koneksi yang dibangun
di social media tersebut. Jika anda membukan akun anda hanya dalam sekali
sebulan bagaimana mungkin anda bisa membangun koneksi dengan teman-teman anda
di twitter.
Bila anda
ingin berhasil dengan twitter, sebaiknya anda menghindari sembilan kesalahan di
atas. Hanya dengan melakukan sembilan tips di atas tidak akan membuat anda
sukses dengan twitter. Jadi, jika anda memiliki rekomendasi lain agar pemilik
bisnis bisa mendapatkan hasil maksimal dari platform twitter.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar